Sabtu, 05 Mei 2012

DASAR BAHASA JAVA


DASAR BAHASA JAVA


KARAKTER
yaitu elemen terkecil pada bahasa pemrograman, berupa :
§  Huruf (A s/d Z dan a s/d z)
§  Angka (0 s/d 9)
§  Simbol (misal * dan !)
§  Kode kontrol (misal formfeed dan newline)

Java tidak menggunakan himpunan kode ASCII (American Standard Code for Information Interchange) melainkan dengan himpunan Unicode yang dapat menampilkan huruf-huruf yang digunakan oleh berbagai bangsa selain huruf Latin.

KATA KUNCI
Java memiliki sejumlah kata yang bermakna khusus yang digolongkan sebagai kata kunci atau kata tercadang dan tidak dapat digunakan sebagai pengenal
Misal :
abstrac            else                 interface          super
boolean           extends           long                 switch
break               final                  native               synchronized
byte                 finally               new                 this
case                float                 null                   throw
catch               for                    package          throws
char                 goto                 private             transient
class               if                      protected         try
const               implements     public               void
continue          import              return               volatile
do                    instanceof       short                while
double             int                    static

PENGENAL
Disebut juga sebagai identifier yaitu nama yang diciptakan oleh pemrogram dan digunakan dalam program untuk memberi nama kelas atau variabel.
Aturan pemberian nama pengenal yaitu :
§  Karakter pertama berupa huruf, tanda garis bawah atau dollar
§  Karakter kedua dapat berupa sembarang huruf atau angka
§  Panjang pengenal bebas
§  Huruf kapital dan huruf kecil dibedakan

Misal :  x
            $_99
            _nama
            NamaYangPanjangJugaBoleh

TIPE DATA PRIMITIF
Tipe data ini meliputi :
 

1.    byte
2.   
Tipe data bilangan bulat
 
short
3.    int
4.    long


 

5.    float
6.    double
Tipe data yang mewakili sebuah karakter
 
 

7.    char
Tipe data yang menyatakan keadaan logika true atau false
 
 

8.    boolean

Keterangan :
1.    Tipe Bilangan Bulat
Perbedaan masing-masing tipe data terletak pada jangkauan nilai yang dicakup.
TIPE
UKURAN
JANGKAUAN
byte
8 bit
-128 s/d 127
short
16 bit
-32.768 s/d 32.767
int
32 bit
-2.147.483.648 s/d 2.147.483.647
long
64 bit
-9.232.372.036.854.775.808 s/d 9.232.372.036.854.775.807

2.    Tipe Bilangan Titik Mengambang
TIPE
UKURAN
JANGKAUAN
float
32 bit, presisi 6-7 digit
-3.4E38 s/d +3.4E38
double
64 bit, presisi 14-15 digit
-1.7E308 s/d +1.7E308

3.    Tipe Data Char
Digunakan untuk menyatakan sebuah karakter yang tercakup dalam himpunan kode Unicode

4.    Tipe Data Boolean
Digunakan untuk menangani keadaan logika dengan dua kemungkinan nilai TRUE yang berarti benar dan FALSE yang berarti salah

LITERAL
adalah suatu nilai yang dituliskan pada kode sumber Java.
Literal dapat dibedakan menjadi :
1.    Literal Bilangan
Literal bilangan bulat tergolong sebagai long. Simbol L dapat ditambahkan dibelakang bilangan, misal : 4L atau -4L.
Suatu bilangan bulat dapat dinyatakan dalam bentuk dalam bentuk oktal dengan diawali dengan angka 0 atau heksadesimal dengan diawali dengan angka 0x
Misal :
//berkas : literal.java
public class literal                                                
{                                                                                        
 public static void main (String[] args)                 
 {                                                                           
  System.out.println("Bilangan Desimal :" + 17);
  System.out.println("Bilangan Oktal :" + 017);    
  System.out.println("Bilangan Heksadesimal :" + 0x17);            
 }                                                                           
}
Rectangular Callout: Hasil konversi Oktal 17 ke Desimal
 

Hasil :        Bilangan Desimal :17
Bilangan Oktal :15
Bilangan Heksadesimal :23
Literal titik mengambang digunakan untuk menyatakan bilangan real. Notasi yang digunakan adalah tanda titik yang menyatakan pecahan. Selain itu simbol e atau E biasa digunakan untuk menyatakan eksponensial.
Contoh :
LITERAL
KETERANGAN
0.1
Berarti 0,1
.5
Berarti 0,5
2e45
Identik dengan 2 x 10 pangkat 45
2E-45
Identik dengan 2 x 10 pangkat -45
2e45F
Menghasilkan bilangan bertipe float

2.    Literal Karakter
Ditulis dalam tanda petik tunggal.
Contoh :
LITERAL
KETERANGAN
‘a’
Karakter huruf a
‘$’
Karakter simbol $
‘4’
Karakter angka 4

Pada Java terdapat istilah kode escape yaitu kode karakter yang penulisannya diawali dengan simbol \ (backslash)
KODE
KETERANGAN
\b
Backspace
\f
Formfeed
\n
Newline
\r
Carriage return
\t
Tab
\’
Petik tunggal
\”
Petik ganda
\ddd
Oktal (dd bernilai 0 s/d 377)
\xdd
Heksadesimal (dd bernilai 1 s/d FF)

Java tidak mengenal \a (bel) dan \v (tab). Untuk menampilkan karakter Unicode digunakan \udddd

3.    Literal Boolean
Literal yang hanya dapat berupa kata kunci TRUE atau FALSE

4.    Literal String
String berarti deretan atau kombinasi sejumlah karakter yang ditulis dalam tanda petik ganda, misal : “Aditya Fajar Ramadhan”
                       “ 2 x 2 = 4”
                       “” (tanda petik ganda dua kali tanda spasi yang berarti string kosong)    
Contoh :
//berkas : literalstring.java
public class literalstring                                             
{                                                                                              
 public static void main (String[] args)                       
 {                                                                                 
  System.out.println("Aditya Fajar\nRamadhan");
  System.out.println("Sekar\tAyu");    
  System.out.println("Belajar \'JAVA\'");                      
 }                                                                                 
}                                              
Hasil :  Aditya Fajar
Ramadhan
Sekar   Ayu
Belajar 'JAVA'

5.    Definisi Konstanta
Definisi konstanta dalam Java dengan menggunakan kata kunci final.
Misalnya final double PI = 3.14;
Contoh :
//berkas : lingkaran.java
public class lingkaran                                                
{                                                                                              
 public static void main (String[] args)                       
 {
  final double PI = 3.14;
  double jarijari = 10;
  double luas, keliling;
  luas = PI * jarijari * jarijari;
  keliling = 2 * PI * jarijari;                               
  System.out.println("Panjang Jari-jari = "+ jarijari);
  System.out.println("Luas Lingkaran = "+ luas);       
  System.out.println("Keliling Lingkaran = "+ keliling);                       
 }                                                                                 
}          

Hasil : Panjang Jari-jari = 10.0
                 Luas Lingkaran = 314.0
     Keliling Lingkaran = 62.800000000000004

VARIABEL
Variabel menyatakan suatu lokasi di dalam memori komputer yang digunakan untuk menyimpan suatu nilai dimana nilai tersebut dapat diubah. Variabel dapat dibayangkan sebagai suatu kotak yang dapat diisi dan pada saat lain dapat diubah.

Variabel dalam program Java perlu dideklarasikan. Bentuk pendeklarasian variabel dengan menggunakan perintah : tipe namaVar [,namaVarI]
Contoh : int jumlahBarang;
               float bilPecahan;
               char huruf;
               string kalimat;
               float nilai1, nilai2, nilai3;

Untuk memberikan nilai terhadap variabel adalah dengan menggunakan tanda =. Nilai yang diberikan dapat berupa suatu literal, variabel atau ekspresi yang melibatkan operator.
Contoh : jumlahBarang=10;
              bilReal = 2.5f; (bilangan real diisi dengan 2,5 bertipe float)
              huruf = ‘A’;
              kalimat=”Halo, Annissa...”;
             
Pemberian nilai juga dapat dilakukan saat variabel dideklarasikan.   
Bentuk penulisannya : tipe variabel  = nilaiAwal;
misal : double jarijari=10;

Java memperkenankan penugasan sejumlah variabel dengan sebuah nilai, misalnya x=y=z=0;
KOMENTAR
Komentar biasa dipakai dalam program dengan tujuan untuk memberikan penjelasan atau informasi kepada pembaca program. Komentar dapat berupa nama pembuat program, tanggal pembuatan program, fungsi program ataupun penjelasan untuk bagian tertentu dalam program.

Untuk memberikan komentar digunakan tanda :
// untuk komentar satu baris
               
/* komentar baris pertama
   komentar baris kedua */

Komentar terkadang digunakan untuk mematikan bagian program tertentu agar tidak dianggap sebagai perintah dan sering digunakan untuk pengujian program
Contoh :
/* ----------------------------------------------
   Program menghitung Luas dan Keliling Lingkaran
   Dibuat oleh : Yudi Irawan
   Tanggal     : 8-8-2008
   ---------------------------------------------- */
  
//nama file berkas : komentar.java
public class komentar                                                
{                                                                                              
 public static void main (String[] args)                       
 {
  final double PI = 3.14; // pendefinisian konstanta
  double jarijari = 10;
  double luas, keliling;
  luas = PI * jarijari * jarijari; //menghitung luas
  keliling = 2 * PI * jarijari; // menghitung keliling                                 
  System.out.println("Panjang Jari-jari = "+ jarijari);
  System.out.println("Luas Lingkaran = "+ luas);       
  System.out.println("Keliling Lingkaran = "+ keliling);                       
 }                                                                                 
}          

TUGAS
1.    Buat essay mengenai  Unicode  berikut tabel kodenya
2.    Buat program untuk menghitung Diskon dan Harga Bayar jika diketahui :
Pembelian = Rp. 1.000.000,-
Diskon = Rp. .... (10% )
Harga Bayar = Rp. .... (Pembelian-Diskon)

3.    Buat program untuk menampilkan tulisan sebagai berikut :
“Anda diundang rapat hari Jum’at / pukul 14.00 WIB”

4.    Buat program untuk mencari nilai Determinan dengan rumus :
D = b2 – 2 ac, jika diketahui nilai a=1, b=3 dan c= 2,5






Jawab :
Soal 2 :
//nama file berkas : diskon.java
public class diskon
{                                                                                              
 public static void main (String[] args)                       
 {
  float beli= 1000000;
  double diskon;
  double bayar;
  diskon = 0.1 * beli;
  bayar = beli - diskon;
  System.out.println("Jumlah Pembelian = Rp."+ beli);
  System.out.println("Diskon = Rp. "+ diskon);          
  System.out.println("Harga Bayar = Rp. "+ bayar);              
 }                                                                                 
}

Soal 3 :
//nama file berkas : undangan.java
public class undangan
{                                                                                              
 public static void main (String[] args)                       
 {
  System.out.println("\"Anda diundang rapat hari Jum'at / pukul 14.00 WIB\"");                    
 }                                                                                 
}          

Soal 4 :
//berkas : determinan.java
public class determinan                                             
{                                                                                              
 public static void main (String[] args)                       
 {
  float D;
  int a=1;
  int b=3;
  float c=2.5F;
  D = (b*b)-(2*a*c);
  System.out.println("Nilai a=1, b=3 dan c=2,5");
  System.out.println("Determinan = "+ D);     
 }                                                                                 
}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar