DASAR BAHASA JAVA
KARAKTER
yaitu elemen terkecil pada bahasa
pemrograman, berupa :
§ Huruf (A s/d Z dan a
s/d z)
§ Angka (0 s/d 9)
§ Simbol (misal * dan
!)
§ Kode kontrol (misal formfeed dan newline)
Java tidak menggunakan himpunan kode ASCII
(American Standard Code for Information Interchange) melainkan dengan himpunan
Unicode yang dapat menampilkan huruf-huruf yang digunakan oleh berbagai bangsa
selain huruf Latin.
KATA
KUNCI
Java memiliki sejumlah kata yang bermakna
khusus yang digolongkan sebagai kata kunci atau kata tercadang dan tidak dapat
digunakan sebagai pengenal
Misal :
abstrac else interface super
boolean extends long switch
break final native synchronized
byte finally new this
case float null throw
catch for package throws
char goto private transient
class if protected try
const implements public void
continue import return volatile
do instanceof short while
double int static
PENGENAL
Disebut juga sebagai identifier yaitu nama
yang diciptakan oleh pemrogram dan digunakan dalam program untuk memberi nama
kelas atau variabel.
Aturan pemberian nama pengenal yaitu :
§ Karakter pertama
berupa huruf, tanda garis bawah atau dollar
§ Karakter kedua dapat
berupa sembarang huruf atau angka
§ Panjang pengenal
bebas
§ Huruf kapital dan
huruf kecil dibedakan
Misal :
x
$_99
_nama
NamaYangPanjangJugaBoleh
TIPE
DATA PRIMITIF
Tipe data ini meliputi :
1.
byte
2.
|
3.
int
4.
long
5.
float
6.
double
|
7.
char
|
8.
boolean
Keterangan :
1.
Tipe
Bilangan Bulat
Perbedaan
masing-masing tipe data terletak pada jangkauan nilai yang dicakup.
TIPE
|
UKURAN
|
JANGKAUAN
|
byte
|
8 bit
|
-128 s/d 127
|
short
|
16 bit
|
-32.768 s/d 32.767
|
int
|
32 bit
|
-2.147.483.648 s/d 2.147.483.647
|
long
|
64 bit
|
-9.232.372.036.854.775.808 s/d
9.232.372.036.854.775.807
|
2.
Tipe
Bilangan Titik Mengambang
TIPE
|
UKURAN
|
JANGKAUAN
|
float
|
32 bit, presisi 6-7 digit
|
-3.4E38 s/d +3.4E38
|
double
|
64 bit, presisi 14-15 digit
|
-1.7E308 s/d +1.7E308
|
3.
Tipe
Data Char
Digunakan untuk
menyatakan sebuah karakter yang tercakup dalam himpunan kode Unicode
4.
Tipe
Data Boolean
Digunakan untuk
menangani keadaan logika dengan dua kemungkinan nilai TRUE yang berarti benar
dan FALSE yang berarti salah
LITERAL
adalah suatu nilai yang dituliskan pada kode
sumber Java.
Literal dapat dibedakan menjadi :
1.
Literal
Bilangan
Literal bilangan bulat
tergolong sebagai long. Simbol L dapat ditambahkan dibelakang bilangan, misal :
4L atau -4L.
Suatu bilangan bulat
dapat dinyatakan dalam bentuk dalam bentuk oktal dengan diawali dengan angka 0
atau heksadesimal dengan diawali dengan angka 0x
Misal :
//berkas :
literal.java
public class literal
{
public static void main (String[] args)
{
System.out.println("Bilangan Desimal
:" + 17);
System.out.println("Bilangan Oktal
:" + 017);
System.out.println("Bilangan Heksadesimal
:" + 0x17);
}
}
Hasil : Bilangan Desimal :17
Bilangan Oktal :15
Bilangan Heksadesimal
:23
Literal titik
mengambang digunakan untuk menyatakan bilangan real. Notasi yang digunakan
adalah tanda titik yang menyatakan pecahan. Selain itu simbol e atau E biasa
digunakan untuk menyatakan eksponensial.
Contoh :
LITERAL
|
KETERANGAN
|
0.1
|
Berarti 0,1
|
.5
|
Berarti 0,5
|
2e45
|
Identik dengan 2 x 10 pangkat 45
|
2E-45
|
Identik dengan 2 x 10 pangkat -45
|
2e45F
|
Menghasilkan bilangan bertipe float
|
2.
Literal
Karakter
Ditulis dalam tanda petik tunggal.
Contoh :
LITERAL
|
KETERANGAN
|
‘a’
|
Karakter huruf a
|
‘$’
|
Karakter simbol $
|
‘4’
|
Karakter angka 4
|
Pada Java
terdapat istilah kode escape yaitu
kode karakter yang penulisannya diawali dengan simbol \ (backslash)
KODE
|
KETERANGAN
|
\b
|
Backspace
|
\f
|
Formfeed
|
\n
|
Newline
|
\r
|
Carriage return
|
\t
|
Tab
|
\’
|
Petik tunggal
|
\”
|
Petik ganda
|
\ddd
|
Oktal (dd bernilai 0 s/d 377)
|
\xdd
|
Heksadesimal (dd bernilai 1 s/d FF)
|
Java tidak mengenal
\a (bel) dan \v (tab). Untuk menampilkan karakter Unicode digunakan \udddd
3.
Literal Boolean
Literal yang hanya
dapat berupa kata kunci TRUE atau FALSE
4.
Literal String
String berarti
deretan atau kombinasi sejumlah karakter yang ditulis dalam tanda petik ganda,
misal : “Aditya Fajar Ramadhan”
“ 2 x 2 = 4”
“” (tanda petik ganda dua kali tanda
spasi yang berarti string kosong)
Contoh :
//berkas :
literalstring.java
public class
literalstring
{
public static void main (String[] args)
{
System.out.println("Aditya Fajar\nRamadhan");
System.out.println("Sekar\tAyu");
System.out.println("Belajar
\'JAVA\'");
}
}
Hasil : Aditya Fajar
Ramadhan
Sekar Ayu
Belajar 'JAVA'
5.
Definisi Konstanta
Definisi konstanta
dalam Java dengan menggunakan kata kunci final.
Misalnya final double
PI = 3.14;
Contoh :
//berkas :
lingkaran.java
public class
lingkaran
{
public static void main (String[] args)
{
final double PI = 3.14;
double jarijari = 10;
double luas, keliling;
luas = PI * jarijari * jarijari;
keliling = 2 * PI * jarijari;
System.out.println("Panjang Jari-jari =
"+ jarijari);
System.out.println("Luas
Lingkaran = "+ luas);
System.out.println("Keliling Lingkaran =
"+ keliling);
}
}
Hasil : Panjang Jari-jari
= 10.0
Luas Lingkaran = 314.0
Keliling Lingkaran =
62.800000000000004
VARIABEL
Variabel menyatakan
suatu lokasi di dalam memori komputer yang digunakan untuk menyimpan suatu
nilai dimana nilai tersebut dapat diubah. Variabel dapat dibayangkan sebagai suatu
kotak yang dapat diisi dan pada saat lain dapat diubah.
Variabel dalam
program Java perlu dideklarasikan. Bentuk pendeklarasian variabel dengan
menggunakan perintah : tipe namaVar
[,namaVarI]
Contoh : int
jumlahBarang;
float bilPecahan;
char huruf;
string kalimat;
float nilai1, nilai2, nilai3;
Untuk memberikan
nilai terhadap variabel adalah dengan menggunakan tanda =. Nilai yang diberikan
dapat berupa suatu literal, variabel atau ekspresi yang melibatkan operator.
Contoh : jumlahBarang=10;
bilReal = 2.5f; (bilangan real diisi dengan 2,5 bertipe float)
huruf = ‘A’;
kalimat=”Halo, Annissa...”;
Pemberian nilai juga
dapat dilakukan saat variabel dideklarasikan.
Bentuk penulisannya :
tipe variabel = nilaiAwal;
misal : double
jarijari=10;
Java memperkenankan
penugasan sejumlah variabel dengan sebuah nilai, misalnya x=y=z=0;
KOMENTAR
Komentar biasa
dipakai dalam program dengan tujuan untuk memberikan penjelasan atau informasi
kepada pembaca program. Komentar dapat berupa nama pembuat program, tanggal
pembuatan program, fungsi program ataupun penjelasan untuk bagian tertentu
dalam program.
Untuk memberikan
komentar digunakan tanda :
// untuk komentar
satu baris
/* komentar baris
pertama
komentar baris kedua */
Komentar terkadang
digunakan untuk mematikan bagian program tertentu agar tidak dianggap sebagai
perintah dan sering digunakan untuk pengujian program
Contoh :
/* ----------------------------------------------
Program menghitung Luas dan Keliling
Lingkaran
Dibuat oleh : Yudi Irawan
Tanggal : 8-8-2008
---------------------------------------------- */
//nama file berkas : komentar.java
public class komentar
{
public static void main (String[]
args)
{
final double PI = 3.14; //
pendefinisian konstanta
double jarijari = 10;
double luas, keliling;
luas = PI * jarijari * jarijari;
//menghitung luas
keliling = 2 * PI * jarijari; //
menghitung keliling
System.out.println("Panjang
Jari-jari = "+ jarijari);
System.out.println("Luas
Lingkaran = "+ luas);
System.out.println("Keliling Lingkaran = "+ keliling);
}
}
TUGAS
1.
Buat essay mengenai
Unicode berikut tabel kodenya
2.
Buat program untuk menghitung Diskon dan Harga Bayar
jika diketahui :
Pembelian = Rp.
1.000.000,-
Diskon = Rp. ....
(10% )
Harga Bayar = Rp.
.... (Pembelian-Diskon)
3.
Buat program untuk menampilkan tulisan
sebagai berikut :
“Anda
diundang rapat hari Jum’at / pukul 14.00 WIB”
4.
Buat program untuk mencari nilai Determinan
dengan rumus :
D = b2 – 2 ac, jika
diketahui nilai a=1, b=3 dan c= 2,5
Jawab
:
Soal
2 :
//nama file berkas : diskon.java
public class diskon
{
public static void main (String[] args)
{
float beli= 1000000;
double diskon;
double bayar;
diskon = 0.1 * beli;
bayar = beli - diskon;
System.out.println("Jumlah Pembelian = Rp."+ beli);
System.out.println("Diskon = Rp. "+ diskon);
System.out.println("Harga Bayar = Rp. "+ bayar);
}
}
Soal
3 :
//nama file berkas : undangan.java
public class undangan
{
public static void main (String[] args)
{
System.out.println("\"Anda diundang rapat hari Jum'at / pukul
14.00 WIB\"");
}
}
Soal
4 :
//berkas : determinan.java
public class determinan
{
public static void main (String[] args)
{
float D;
int a=1;
int b=3;
float c=2.5F;
D = (b*b)-(2*a*c);
System.out.println("Nilai a=1, b=3 dan c=2,5");
System.out.println("Determinan = "+ D);
}
}
Tidak ada komentar:
Posting Komentar